1 Komentar

Lagu-Lagu Rakyat Merdeka

Masih soal lagu. Setelah memposting tulisan tentang lagu-lagu anak Merdeka dan lagu anak jalanan Semarang, kini saya mau menuliskan tentang lagu Rakyat Merdeka. Jika lagu Anak Merdeka ditujukan kepada anak-anak dengan focus sebagai media pendidikan, maka lagu Rakyat Merdeka digunakan untuk membangun semangat kebersamaan orang/kelompok/komunitas atau organisasi rakyat dalam barisan perlawanan terhadap kekuasaan yang menindas.

Lagu ini juga dikembangkan oleh Yayak Iskra, tanpa mengabaikan sosok-sosok lain yang juga menggunakan lagu sebagai penyemangat perlawanan. Saya tidak tahu persis kapan ini dimulai, tapi seingat saya pada akhir tahun 1980-an dan awal tahun 1990-an telah terdengar lagu-lagu tentang Kedung Ombo dan Badega, dua wilayah yang rakyatnya tergusur. Kemudian menyusul lagu-lagu tentang buruh, dan terakhir adalah tentang rakyat di sepanjang Ciliwung, yang mana itu diciptakan Yayak selama ia berada dalam pelariannya.

Lagu-lagu penyemangat menjelang reformasi juga tercipta, seperti “Rakyat Pasti Menang” dengan lirik yang sangat pendek dan dinyanyikan berulang-ulang. Sebagian lagu anak Merdeka, juga diperkenalkan dan menjadi lagu-lagu aksi baik oleh para aktivis maupun oleh rakyat yang berjuang melepaskan diri dari penindasan, seperti lagu “Topi Jerami”. “Guntur” dan “Titik Api”.

Lagu “Aku Anak Indonesia”, kata anak dapat diganti sesuai dengan kebutuhan seperti “Buruh”, “Rakyat”, “Tani” dan sebagainya, tanpa mengubah lirik lainnya. Sedangkan Lagu “Satukanlah Diri”, dikembangkan oleh Kris dari Lontar Band dan diubah judulnya menjadi “Rakyat Bersatu”, yang menjadi salah satu lagu wajib yang dinyanyikan dalam berbagai aksi menjelang reformasi.

Saya mencoba menghimpun lagu-lagu Rakyat Merdeka, namun belum tuntas memposting-nya. Inilah sebagian dari lagu Rakyat Merdeka yang bisa didengarkan secara Merdeka.

Tinggal Klik di SINI saja.
Tak usah meragu

Yogyakarta, 9 Pebruari 2015

One comment on “Lagu-Lagu Rakyat Merdeka

  1. mantep mas lagunya.. makasih yaa🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: