Tinggalkan komentar

Peringatan May Day di Yogyakarta Lancar

buruh15

Rasanya sudah lama sekali tidak mengikuti proses aksi turun ke jalan sejak awal hingga aksi berakhir. Hari ini, berencana ke luar kota, namun harus mengantar istri dulu untuk mempersiapkan aksi bersama kawan-kawannya. Dari rumah di kawasan Jalan Wates, meluncur ke Taman parkir Abu Bakar Ali, sebelah utara jalan Malioboro, yang memang sering dijadikan sebagai titik awal untuk melakukan long march.

Sebelum jam Sembilan sudah tiba di sana, ada berbagai kelompok-kelompok kecil yang tersebar di berbagai ruang, dengan perlengkapan aksi: bendera dan poster. Waktu berjalan, peserta aksi berdatangan, kordinator aksi-pun meminta seluruh peserta untuk mempersiapkan diri.

Sekelompok kecil, kurang lebih tiga puluh orang, telah bersiap. Mereka menyanyikan lagu darah juang, dan segera bergerak dengan yel-yel peserta, dan orasi bergantian dari para pimpinan aksi. Itu salah satu elemen organisasi kemahasiswaan yang melakukan aksi serupa. Mereka bergerak terlebih dahulu.

buruh3Sedangkan peserta aksi lainnya yang tengah mempersiapkan diri ini kuperkirakan lebih dari 300 orang. Mereka menamakan dirinya sebagai Koalisi Rakyat Bersatu (KRB). Dari daftar nama organisasi yang tertera, kuhitung ada 40 organisasi dari unsur buruh, mahasiswa dan LSM. Selain itu, ada pula organisasi yang tidak tercantum dalam daftar turut bergabung dalam barisan.

Perwakilan dari masing-masing organisasi berada di barisan terdepan, yang disebut sebagai barisan pelopor. Di belakangnya, sebuah mobil pick-up terbuka dengan para pemimpin aksi bergantian memberi semangat kepada segenap peserta, diikuti oleh barisan massa yang dilengkapi dengan berbagai poster-poster dan bendera-bendera organisasi. Kemudian di barisan paling belakang adalah pasukan becak bermotor, sekitar 40-50-an becak.

“Satu komando?” teriak pimpinan aksi.
“Satu tujuan!” seru para peserta aksi
“Buruh bersatu?!”
“Rakyat Sejahtera!”

Yel-yel lain juga digemakan oleh mereka. Juga bergema lagu-lagu yang kerap dibawakan dalam berbagai aksi demonstrasi oleh pihak manapun, dan rasanya menjadi seperti lagu wajib.

“Darah Juang” dengan lirik awal yang dibuat oleh Dadang Juliantara dan mengalami beberapa perubahan oleh para aktivis seperti Budiman Sudjatmiko, Raharja Waluyo Jati, Andi Munajat dan lain-lain, dengan lagu dikemas oleh Jhonsoni Tobing. Lagu yang dipersiapkan untuk kongres Forum Komunikasi Mahasiswa Yogyakarta (FKMY) pada tahun 1990, terus bergema dan menjadi hidup dan berkembang dari aksi-aksi massa. Banyak kelompok music progresif yang menyanyikan dengan beragam genre.

buruh17Selanjutnya lagu “Pembebasan” atau “Buruh Tani”. Jika kita mencarinya di google atau youtube, ada dua judul lagu tersebut, yang irama lagunya serupa. Perbedaannya, pada buruh tani ada tambahan lagu lain dengan perubahan lirik, sehingga menjadi satu lagu. Tambahan lagu yang disatukan, aku telah akrab sejak pertengahan tahun 1980-an dan dikenal sebagai lagu anak merdeka berjudul “Topi Jerami”. Kiranya dapat serupa dengan lagu Rakyat Bersatu yang juga menjadi salah satu algu yang kerap dinyanyikan dalam akasi-aksi massa Lagu ini merupakan gabungan dari dua lagu. Pada lirik-lirik awal adalah lagu “Satukanlah Diri” yang kemudian dikembangkan pada bagian reff-nya oleh Kris Lontar Surabaya. Tentang lagu, memang dimungkinkan mengembangkan lirik berdasarkan kebutuhan aksi. Karena itulah, yayak Iskra atau Yayak Kencrit menyebutnya sebagai lagu anak/rakyat merdeka.

Ah, kembali ke aksi, jam Sembilan lebih sedikit-lah, massa mulai bergerak menyusuri jalan Malioboro. Para polisi mengatur lalu-lintas, dan para pengendara harus bersabar mengingat peserta aksi menggunakan seluruh badan jalan utama.

“Kami meminta kepada seluruh pengendara untuk bersabar. Kami juga rakyat, aksi ini barangkali dapat mengganggu, tapi ini adalah sebuah perjuangan,” teriak salah seorang pimpinan aksi.

Peserta berhenti di depan gedung DPRD DIY. Di halaman gedung terlihat ada panggung dan banyak orang di sana. Jelas terdengar kumandang lagu dangdut dari sana. Itu adalah aksi buruh yang dilakukan oleh elemen lain. Orasi-orasi membakar peserta aksi yang merapat dengan duduk di jalanan. Hal ini, lantaran ada dugaan provokasi yang justru dilakukan oleh aparat keamanan.

Setelah itu, massa kembali bergerak ke selatan. Tiang-tiang bendera yang ada di sisi kiri-kanan jalan, sudah terpasang bendera organisasi-organisasi buruh. Beberapa ruang juga terpampang banner-banner tuntutan kaum buruh.

Buruh21Ada dua titik perhentian lagi, yakni di depan kantor kepatihan atau kantor Gubernur dan di depan Pasar Bringharjo. Sampai kemudian tiba di depan gedung Agung. Di titik ini sudah terlihat beberapa truk kepolisian, dan aparat yang walau terlihat santai, memnatau jalannya aksi. Perwakilan massa aksi melakukan negosiasi agar peserta dapat menggunakan depan gedung sehingga arus kendaraan dapat dilalui. Negosiasi berhasil, aksi dapat berjalan, para pengendara juga dapat melalui jalan Malioboro seperti biasanya.

Setiap perwakilan organisasi bergantian mengisi acara. Orasi, pementasan musik, teater, dan tari-tarian. Tanpa sadar, aku mengikuti sampai acara selesai. Keseluruhan proses acara berlangsung lancar. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya dengan persiapan kemungkin bentrok dengan aparat keamanan atau teror dari organisasi-organisasi tertentu yang menilai bahwa aksi peringatan hari buruh digerakkan oleh aktvisi kiri atau komunis.

Hari menjelang sore, rasa letihpun sudah dirasa. Ah, kepergian ke luar kota biar kutunda esok pagi. Kusampaikan saja pada semua, Selamat memperingati hari Buruh. Peringatan tahun ini, tentu sangat istimewa, lantaran pada tahun ini, tanggal 1 Mei sudah dijadikan sebagai hari libur nasional.

Yogyakarta 1 Mei 2014

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: