Tinggalkan komentar

Puisi: Berita Aktual Hari-hari

Berita Aktual Hari-hari 

Aneh negeri ini. Pendekatan, pacaran, pernikahan, perceraian, kelahiran, bila engkau selebritis, maka akan menjadi berita berhari-hari di layar televisi, media cetak, apalagi pemberitaan online. Oh, ya, jangan lupa jejaring sosial!

Aneh negeri ini. Saat selebritis berlomba menjadi politisi, para politisi berlomba pula menjadi selebritis penghias infotainment. Lantas sulit dibeda, mana artis mana pula politisi. Kesamaannya: berpenampilan pura-pura di hadapan publik!

Aneh negeri ini. Ada pejabat dan penjahat. Pejabat jadi penjahat. Penjahat jadi pejabat. Atau pejabat yang penjahat atau penjahat yang pejabat. Keduanya bermental bejad tapi percayalah tidak pernah jadi melarat. Suka main sikat, bila tak dapat manfaat. Apalagi sering menggalang dan gunakan umat, lampiaskan dendam kesumat. Oh, ya, keduanya juga suka mengumpulkan jimat.

Aneh negeri ini. Kaya raya tapi banyak rakyat melarat. Lantaran tak bisa beda pula antara penguasa dan pengusaha. Sama-sama berupaya, habiskan isi bumi raya,juga alokasi dana untuk kepentingan mereka. Kepada rakyat hanya janji-janji belaka. Selalu disebarkan aura wangi surga. Agar mimpi-mimpi dapat terpenjara.

Aneh negeri ini. Semua sudah jungkir-balik. Pejabat yang menjalankan amanat, blusukan bersama rakyat, tegas bersikap, dihadapi para penjahat yang didukung pejabat bejad, yang terbiasa bersembunyi di balik ketiak. Maju tak usah ragu, kepalkan tinju, membangun seluruh penjuru, bersyukur banyak yang akan meniru. Tak gentar menyikat, para penindas rakyat, yang bertopeng tak punya urat.

Aneh negeri ini. Seaneh diri kita. Lupa bercermin, lupa wajah sendiri. Berjalan dan berlari, mencari-cari sesuatu yang sering tak terpahami.

Yogyakarta, 3 Agustus 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: