1 Komentar

Para Penjahat Masa Kini

Gambar Yayak Iskra_Bubarkan Parlemen

Para penjahat memang telah beralih rupa. Era wajah-wajah seram, sorot mata merah tajam menghujam, bertubuh gempal, dengan codet bekas luka di wajah, sudah dienyahkan sebagai pemain utama. Tidak hanya dalam alam nyata, fiksi-fiksi-pun demikian pula adanya.

Sosok penjahat masa lalu, walaupun tetap dihadirkan, biasanya ditempatkan sebagai anjing-anjing penjaga, dari sosok penjahat yang (pura-pura) baru, dengan penampilan trendi, ber-jas dan berdasi, penuh senyum terumbar, seringpula mengisi lembaran-lembaran media.

Bila-pun ada dalam cerita, di layar kaca misalnya, sosok penjahat masa lalu seperti tergambar di atas, biasanya hanya ada dalam kisah-kisah komedi. Sedang kisah secara umum, memang benar-benar telah tergantikan.

Para tokoh penjahat masa kini adalah orang-orang pintar, (seringkali) berpendidikan tinggi, lulusan luar negeri lagi, yang memiliki strategi, dikelilingi para ahli, dan sangat berhati-hati.

Mereka tidak lagi merencanakan aksi-aksi untuk membuat lubang-lubang bawah tanah yang akan menembus suatu rumah mewah, gedung perkantoran atau tempat penyimpanan uang dan barang berharga milik bank, atau lebih buruk lagi melakukan pencongkelan pada jendela-jendela rumah, dengan waktu selepas tengah malam, saat orang-orang tengah asyik terlelap. Sama sekali tidak begitu lagi.

Para tokoh penjahat masa kini, bukan orang-orang yang gagap teknologi. Bukan sekedar membawa HP untuk kirim sms, telpon, sambil mendengarkan album musik dan sesekali memotret, tapi melebihi semua itu.

Para tokoh penjahat masa kini, benar-benar mempraktekkan prinsip ekonomi untuk memberikan pengorbanan sekecil-kecilnya namun mampu meraih keuntungan sebesar-besarnya. Resiko kehilangan nyawa secara sia-sia di pinggiran jalan, pastilah dihindari, dan bukan menjadi trade-mark lagi. Resiko paling besar, hanya dipenjara, namun seringkali tetap dihormati. Untuk hal ini, pastilah akan berusaha mencari posisi.

Para penjahat masa kini? Ah, kok aku menjadi sok tahu. Engkau pastilah lebih tahu. Malah jadi malu……

Yogyakarta, 7 April 2012

_____________________

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: