Tinggalkan komentar

Ketika Para Kompasianer Menerbitkan Buku

Antologi Karya Malam prosa Kolaborasi, berisi 147 karya kolaborasi kompasianer

Senang juga rasanya mendengar kabar para Kompasiner mulai memanen hasil dari pergulatannya menulis di kompasiana menjadi buku. Tidak hanya satu, bahkan ada yang bisa menerbitkan beberapa buku. Tidak hanya merupakan bagian dari himpunan bersama melainkan menjadi buku kumpulan tulisan sendiri.

Tersebutlah beberapa buku karya bersama yang diterbitkan oleh para kompasianer seperti: Antologi Karya Festival Fiksi Kolaborasi (Maret 2011) Antologi Karya Malam prosa Kolaborasi (Juni 2011), Antologi karya Fiksi Surat Cinta (Agustus 2011), Untaian Aksara Maya Terjalin Nyata (Desa Rangkat, 2011).

Sedangkan kompasianer yang telah menerbitkan buku kumpulan tulisan sebutlah diantaranya, Anton Wisnu Nugroho, Linda Djalil, Hazmi Srondol, Posma Siahaan, Mariska Lubis, Davenaa (dan siapa lagi ya…?).

Selain itu, ada pula kompasianer yang telah menerbitkan buku di luar tulisan-tulisannya di Kompasiana ini, seperti Johan Wahyudi, Julianto Simanjuntak, Kit Rose, I Ketut Suweca (dan siapa lagi?).

Saya kira daftar nama kompasianer yang telah menerbitkan buku masih banyak lagi (mohon maaf atas keterbatasan pengetahuan saya), mengingat pada akhir tahun 2010 dan awal 2011, banyak postingan dari kompasianer yang merencanakan akan menerbitkan buku karya-karyanya. Pada masa itu pula, lahir postingan yang memproyeksikan akan semakin banyak karya kompasianer yang menjadi buku mengingat keaktifan dan kualitas tulisan kompasianer yang tidak kalah dengan penulis profesional. Kita berharap itu menjadi kenyataan.

Peluang untuk membukukan karya sendiri, pada masa sekarang, sangat terbuka lebar. Para penulis tidak hanya mengandalkan pada ketertarikan para penerbit, melainkan juga bisa berinisiatif melakukan penerbitan sendiri (dengan atau tanpa kerjasama dengan penerbit) termasuk pula pemasarannya.

Buku yang diterbitkan oleh Komunitas Desa Rangkat

Menerbitkan buku, tentu menjadi harapan bahkan bisa menjadi obsesi bagi siapa saja yang suka menulis. Dengan diterbitkannya tulisan menjadi buku, ia tidak sekedar mendokumentasikan karya, tapi bisa menjadi prestise tersendiri bagi seorang penulis. Harapan yang bukan mengada-ada bila buku yang diterbitkan bisa laris-manis, nama bisa dikenal, mampu memberi manfaat atau inspirasi bagi para pembaca, dan mulai bermunculan para penggemar.

Mengingat jumlah kompasianer yang sangat banyak, dan sebagian sudah menerbitkan buku, maka menarik sekali pertanyaan dari Tante Paku dalam salah satu postingannya, siapa yang menjadi kolektor buku para kompasianer (lihat di SINI). Tentu menarik sebelum menjadi kolektor adalah mengetahui siapa saja kompasianer yang telah menerbitkan buku. Sepengetahuan saya, setiap kompasianer yang menerbitkan buku biasanya membuat postingan khusus guna mengabarkan atau memberi informasi. Nah, akan menarik bila digunakan tag yang sama dalam postingan semacam ini. Misalkan saja tag buku_kompasianer sebagai tag wajib selain tag-tag tambahan dari penulisnya. Dengan demikian ketika kita mencari postingan tentang buku-buku para kompasianer akan dapat lebih mudah menemukannya di sini.

Selain itu, ada gagasan yang sangat menarik untuk dicermati yang dilontarkan oleh Posma Siahaan mengenai arisan buku (lihat di SINI) . Perhitungan dari Posma memperkirakan pembeli buku potensial dari sesama kompasianer berkisar antara 1000 – 5000 orang. Ini tentu angka yang sangat lumayan. Hanya masalahnya, bagaimana para kompasianer saling membeli buku yang diterbitkan oleh kompasianer lain? Model arisan bisa menjadi model yang bisa digunakan secara efektif.

Sampai hari ini,  setiap hari terus mengalir ratusan karya dari para kompasianer. Maka, masih terbuka kemungkinan lahirnya puluhan atau bahkan ratusan buku dari para kompasianer yang perlu kita sambut. Nah, mari kita tunggu kabar kompasianer yang segera menerbitkan buku-bukunya…..

Yogyakarta, 28 Maret 2012

Pernah diposting di Kompasiana dengan judul Asyiknya Menerbitkan Buku, lihat di SINI

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: