Tinggalkan komentar

Lagu “Ibu” untuk Ibu Prapto, Ibu Anak Jalanan Semarang

Ibu Prapto, Ibu Anak Jalanan Semarang

“Ibu”, sebuah lagu karya Wak Yok yang sering dipanggil Yoyok Setara dan bernama asli Catur Adilaksono, tercipta saat anak-anak jalanan Semarang berpencar dan menyebar ke berbagai kota lantaran paska penyerangan terhadap rumah  anak jalanan yang tergabung di Paguyuban Anak Jalanan Semarang, ancaman masih terjadi. Wak Yok, salah satu yang turut menjaga dan mendampingi anak-anak jalanan yang pergi ke Yogya. Mereka menumpang di rumah anak-anak Girli dan beberapa tempat lain.

Menurut Wak Yok, ketika lagu ini dinyanyikan bersama-sama, banyak anak jalanan yang tiba-tiba menangis. Baik anak jalanan laki-laki maupun anak jalanan perempuan. Kerinduan terhadap sosok ibu, dialami oleh semua. Termasuk pula oleh Wak Yok.

“Lagu ini juga menjadi penghargaan saya terhadap Ibu Prapto, yang penuh cinta menjaga dan merawat anak-anak jalanan.”  demikian dituturkan oleh Wak Yok dalam perbincangan dengan saya.

Lagu ini kerapkali menjadi satu lagu yang dinyanyikan ketika anak-anak jalanan berkumpul. Juga sering disenandungkan oleh para pendamping, ataupun para pemerhati anak jalanan Semarang.

Ketika Yayasan Setara melakukan kampanye menentang Eksploitasi Seksual Komersial terhadap Anak, lagu ini menjadi salah satu lagu yang termuat dalam tiga album yang diproduksi (Negeri Kami, Save the Children dan Eternal Sins) yang dimainkan oleh Setara Merdeka.

Berikut lirik lagu, dan video musik sederhana yang diolah secara cepat oleh rekan Hari Adiadhana dengan menggunakan bahan-bahan yang terbatas. Semoga bisa membawa kita pada kecintaan terhadap ibu.

IBU 

Dia begitu tenang dan damai
Di saat anak-anak bahagia
Dia tetap kekasih abadi
Bagai cahaya matahari

Dia wanita setegar karang
Di saat persoalan menghadang
Dia wanita berpayung kehidupan
Sejuk sepanjang hari

Ibu, semuanya begitu menyenangkan
di kala belaimu redakan amarah
ibu, gambarmu selalu melekat
walaupun banyak yang tak ku ingat

(lirik/lagu: Wak Yok atau Catur Adilaksono)

_______________________

Tulisan Terkait:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: