Tinggalkan komentar

Ocehan: Kasihan Sekali Negeri Ini

Kasihan Sekali Negara Ini

Umum diketahui, bila kita hendak membeli barang, tentulah berbeda bila membeli satu buah dan membeli dengan jumlah banyak. Di mana-pun, membeli dengan jumlah banyak, pastilah harga yang diberikan oleh penjual bisa lebih murah. Harga grosir, istilah yang biasa digunakan untuk promosi penjualan.

Lantaran itulah, bila ada kebutuhan bersama dalam suatu komunitas, seumpama kebutuhan seragam, seringkali diputuskan untuk membeli secara bersama agar seragam benar-benar bisa seragam dan harga bisa lebih murah bila dibandingkan masing-masing membeli sendiri-sendiri. Bilapun ada yang ditunjuk untuk mengkoordinir pembelian, saya yakin semua sepaham, bahwa pihak tersebut – jika ingin mengambil keuntungan misalnya – tidak mungkin berani untuk memasang harga per satuannya lebih mahal dibandingkan harga pasaran.

Tapi anehnya, yang telah berlangsung lama dan selalu terjadi pengulangan, jika Negara yang membutuhkan, baik barang ataupun jasa, selalu saja kita mendengar nilai yang dikeluarkan akan lebih besar (seringkali berlipat-lipat) dari harga pasaran. Saya kira tidak perlu memberikan contoh pada tulisan ini, lantaran saya yakin anda sekalian pastilah telah memiliki segudang contoh.

Jadi, kasihan sekali memang Negara ini. Selalu saja ditipu berulang. Tapi yang lebih penting, uang yang digunakan oleh negara adalah milik rakyat. Artinya, rakyat pulalah yang selalu berulang kali ditipu. Jadi…..????

Yogya, 18 Januari 2012
(Odi Shalahuddin)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: