Tinggalkan komentar

Sastra Bulan Purnama Edisi 5: Membaca Puisi, Membasuh hati

Sastra Bulan Purnama Edisi 5: Membaca Puisi, Membasuh hati

Sejak diselenggarakannya Satra Bulan Purnama (SBP) di Rumah Budaya Tembi pada 12 Oktober 2011, yang mendapatkan respon positif utamanya dari para penyair Yogyakarta baik yang masih tinggal ataupun pernah tinggal dan berkiprah di Yogyakarta, acara ini terus menggelinding menjadi kegiatan rutin bulanan.

Pada awalnya, pemilihan tema mengalir secara spontan, namun pada akhirnya, Ons Untoro bersama para sahabatnya, mulai merancang lebih serius dengan merancang tema-tema Sastra Bulan Purnama untuk tahun 2012. Tema-tema yang disampaikan kepada para hadirin seusai acara SBP putaran ke empat, Januari lalu.

SBP semakin menyemarakkan kegiatan sastra yang tampaknya mulai menggeliat kembali di Yogyakarta. Sebagai misal, yang patut dicatat pula adalah kegiatan rutin Malam Sastra Malioboro yang juga berlangsung sebulan sekali dengan mengambil tempat di kilometer nol, depan Monumen SO.

Hal menarik dari SBP adalah kemampuan untuk menarik para penyair (seniman) tua dan muda untuk berkumpul. Utamanya mereka yang masih tinggal di Yogyakarta. Tentu saja, bagi yang tinggal di luar kota, ini juga menjadi kesempatan untuk bertemu dengan rekan-rekannya.

SBP telah menjadi ruang pertemuan guna membangun dialog-dialog personal atas situasi dan perkembangan sastra Yogyakarta atau hanya sekedar kangen-kangenan. Pertemuan demi pertemuan selama ini, lebih menghadirkan pertunjukan pembacaan puisi yang belum ditindaklanjuti dengan diskusi.

Kini, 7 Pebruari 2012, SBP memasuki putaran ke lima, dengan menampilkan para penyair angkatan tahun 1990-an. Para penyair yang akan membacakan puisinya adalah Abdul Wachid BS, Angger Jati Wijaya, Anthoni Harimurti (Kabe), Yuliani Kumudaswari, Odi Shalahuddin, Rudi Yesus, Sholeh UG, Sudarmono, Toto Sugiharto, Wahyana Giri MC,  dan Fitri Handayani.

Ayo, jangan lupa segera hadir nanti malam di Rumah Budaya Tembi, Jln. Parang Tritis Km 8,4, Timbulharjo, Sewon, Bantul, DIY. Acara akan dimulai pukul 19.30.  Berharap udara cerah, sehingga bisa menikmati pembacaan puisi di bawah cahaya bulan purnama.

Berita di Kedaulatan Rakyat, 4 Pebruari 2012 halaman 13

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: