Tinggalkan komentar

Planet Kenthir dalam Perbincangan Rahasia

PLANET KENTHIR DALAM PERBINCANGAN RAHASIA
Odi Shalahuddin

Logo Planet Kenthir

Informasi tentang Planet Kenthir akhirnya sampai pula ke telinga Presiden di salah satu Negeri (yang katanya) demokratis di bumi. Adalah anggota fraksi yang suka jalan-jalan sekaligus suka “jajan” bersama sang Menteri urusan Pengembangan Keunikan Pribadi yang menyampaikan hal tersebut kepada sang presiden.

Untuk membuktikan kebenaran tentang Planet Kenthir, dibawakan beberapa pemberitaan mengenai kehidupan warganya, pandangan-pandangannya, juga tidak lupa logo Planet Kenthir itu sendiri.

Sang presiden berdiri menghadap jendela dengan tangan seakan menggenggam dagu, memandang langit yang sudah mulai menggelap.

“Tapi, bagaimana kalian bisa sampai di sana?” suara presiden memecah kesunyian.

“Biasa Pak, kalau ada kesempatan studi banding, saya membandingkan lagi dengan lainnya. Tapi suer deh Pak Presiden, kesempatan dalam kesempatan itu tidak menggunakan uang negeri ini. Bukan lantaran kaya atau berkecukupan, tapi warga negeri banyak yang memiliki pribadi sebagai sang pemberi,”.

“Pokoknya bisa aman dari  intaian dan suara dari Komite Aksi Anti Korupsi (KAAK) yang seperti gagak itu, Pak Presiden,”

“Kalian bertemu dengan para petinggi planet itu?”

”Hm, lantaran saya wakil rakyat, saya banyak berada bersama rakyat planet Pak,”

”Sama, saya ikut anggota Fraksi keliling negeri planet ini, mencari keunikan pribadi yang bisa dikembangkan di negeri ini,”

”Lalu hasilnya?”

”Sangat unik!” anggota Fraksi sigap.

”Ruar biasa!” spontan sang Menteri kalah langkah sepersekian detik.

Bila presiden sudah bertanya seperti itu, tentulah ada yang menarik hatinya. Itu berarti, bisa ada perintah.

”Bisa dijelaskan lagi?”

”Oh, bisa Pak. Dengan senang hati,” kata sang Menteri. ”Sebagai menteri Pengembangan Keunikan Pribadi, seluruh warga negeri planet ini, memang benar-benar sangat unik, sangat kreatif, melampaui batas-batas nilai yang kita miliki, bisa dikatakan orang-orang merdeka. Mereka benar-benar Kenthir! Bayangkan, saja Pak. Mereka tidak ragu berkata: Crooott, bicara lendir, memaknakan sayuran dan buah-buahan, juga kreatif mendayagunakan hewan,”

”Berarti bisa merusak?” tanya simpul presiden.

”Oh, bukan begitu Pak. Kita harus memandang dari sisi lain. Mereka adalah orang-orang jujur yang mengatakan apa adanya. Ini bisa penting dibandingkan warga negeri ini, Pak. Bayangkan saja, di negeri kita orang menghindari berkata buruk, tapi kelakuannya membuat iri syetan. Tidak suka dengan yang lembut dan keras, tapi sering keluar cari jajanan dan obat kuat. Tidak suka dengan pornografi, tapi mengintip juga ketika tengah sidang bahas kemajuan negeri. Bicara tentang moral tapi di belakang rebutan a-moral. Kita sudah malu dengan sindiran dari negeri lain. Bila ingin mengetahui negeri ini, maka lihatlah sebaliknya dari yang dikata, pasti itulah perbuatan nyata. Ya, tapi itu memang fakta, Pak Presiden.”

”Perempuannya juga luar biasa. Tidak kalah dengan para lelakinya. Sama-sama kenthir. Sebaiknya Mentri Urusan Perempuan melakukan studi banding ke sana biar tidak sibuk mengurus soal lomba putri-putrian, dan ribut soal berpakaian bikini saja, Pak,”

”Ini saat yang tepat, Pak. Mereka tengah mengkonsolidasi diri. Sudah menjadi tradisi, selalu ada penurunan generasi. Yang tua bertakwa, yang mudah berkenthir-ria. Lagi ada acara pelinthir. Tapi terbuka. Ini pas dengan kelakuan kita semua, Pak. Suka memelinthir. Sayangnya kita tidak kenthir,”

”Baik, untuk sementara, kirimkan delegasi dulu. Bila aman, saya akan melakukan kunjungan ke sana. Sampaikan salam untuk semua, terutama kepada para perempuan kenthirnya ya…”

”Siap, Laksanakan!”

Anggota Fraksi dan sang Menteri ke luar ruangan sambil tersenyum-senyum.

Yogyakarta, 26 Mei 2011

_______________________________

Catatan: Tulisan yang dibuat dalam event Pelinthir. Tulisanyang  gagal, karena tidak terlihat kenthirnya….. Salam untuk para warga Planet Kenthir….. (Salah satu komunitas di Kompasiana)

Komentar-komentar di Kompasiana:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: