Tinggalkan komentar

Lima Hari Lagi

LIMA HARI LAGI

Lima hari lagi.
Ya, lima hari lagi.
Sekarang tanggal 20.
Lima hari lagi tentulah tanggal 25.
Anak kecilpun pasti tahu. Bukankah begitu?

Aku mulai berdoa, agar tidak melupakan tanggal tersebut. Bila perlu jangan sampai tertidur dalam pergantian hari. Melewati detik-detik dari 00.00, maka segeralah melayangkan kata-kata.

Hm, aku harus mengatakannya secara langsung. Jangan melalui sms atau melalui ruang status di FB. Artinya, aku harus ada. Batalkan semua jadwal ke luar kota dan tolak bila ada jadwal baru! Tuhan, buatlah aku selalu terjaga dan mengingatnya.

Sudah sekian tahun, selalu saja lewat dan terlambat. Bila sudah begitu, aku akan melihatnya seperti orang marah. Diam. Diajak bicara-pun tak mau. Membuatku jengkel. Kadang marah.

”Kamu memang tidak perhatian,” istriku dengan wajah cemberut.

Loh? Kok?
Astaga…!!!
Wah, selalu saja.
Selalu berulang.
Lupa!!!

Aku-pun segera mendekati. Bersikap mesra. Memeluknya dari belakang, sambil berbisik. ”Maaf, ya…”

”Uh..!!” ia akan mencoba mengelak. Walau pada akhirnya luluh juga.

”Yang diingat yang lain sih..” sungutnya

”Jangan begitu dong. Benar-benar lupa. Namanya juga manusia,”

”Tapi selalu saja… Masak harus diingetin,”

”Ya, maaf. Maaf, ya. Selamat ulang tahun, istriku tercinta…”

Nah, kalau lupa begini, maka kado-pun pasti terlewatkan. Rancangan acara keluarga pastilah juga tidak dibuat. Mencoba menawarkan untuk makan di suatu tempat, ia pasti menolaknya. Terlanjur kesal tampaknya.

”Sudahlah… Gak usah…”

Tahun ini aku benar-benar ingin memberikan kejutan buatnya. Aku sudah mempersiapkan berbulan-bulan. Tapi sekarang aku malah sangsi sendiri. Tampaknya tidak mungkin apa yang kurencanakan bisa terwujud. Untuk menyelesaikannya butuh waktu panjang. Sedang waktu sudah semakin mepet. Hari-hari inipun tengah diliputi kesibukan luar biasa. Wah… bagaimana ya..

Tapi yang terpenting. Jangan sampai lupa. Apalagi tanggal kelahiran istriku serupa dengan tanggal kelahiran yang diperingati umat Kristiani seluruh dunia. Masak bisa melupakan? Sekedar ada yang mengingatkan, maka kutulis saja tulisan ini. Bila dirimu membaca, tolong ya aku diingatkan. Setidaknya sehari sebelumnya.

Yogyakarta, 20 Desember 2010

Tinggalkan Balasan

