Tinggalkan komentar

Demo di Yogya, PKI?

DEMO DI YOGYAKARTA, PKI? 
Odi Shalahuddin

“Lihat demo kemarin aku ingat waktu tari genjer-genjer waktu di Halim tahun 1965. Seperti orang tari genjer-genjer tahun 1965,” ujar Ruhut kepada Rakyat Merdeka Online sesaat lalu (Selasa, 14/12), yang bisa dilihat di SINI.

Bukan sekali dua kali Ruhut melontarkan pernyataannya kontroversial. Demikian pula ketika menanggapi aksi demonstrasi ribuan masyarakat Jogjakarta yang menuntut agar Sri Sultan HB X ditetapkan sebagai gubernur.

Hampir senada, Mantan Rektor Universitas Gajah Mada Ichlasul Amal mengatakan bahwa : “Saya kurang setuju dengan cara-cara seperti ini. Show of force seperti ini adalah cara-cara lama,” katanya kepada Rakyat Merdeka Online, Senin malam (13/12). (Klik DI SINI)

Cara show of force atau menunjukkan kekuatan besar dengan mengerahkan ribuan massa, lanjut dia, adalah cara lama yang dilakukan PKI dulu dalam mem-fait accompli keputusan Keraton dengan masyarakat Yogya. Karena itu, dia merasa aneh kenapa cara lama ini kemudian malah dipakai Keraton untuk mem-fait accompli keputusan pemerintah.

Bisa dibayangkan reaksi yang akan muncul menanggapi pernyataan sang Juru Bicara DPP Partai Demokrat ini dan Mantan Rektor UGM ini. Pernyataan yang bisa dimaknakan bahwa peserta aksi demo ”Sidang Rakyat Jogja” itu disamakan dengan massa PKI. Tuduhan ini tentulah sangat menyakitkan tidak hanya oleh para peserta demo tapi sebagian besar warga Jogya dan bahkan mungkin juga warga di lain wilayah.

Di tengah ketegangan yang semakin tinggi antara Sri Sultan HB X dengan Pemerintah Pusat terkait dengan RUU Keistimewaan DIY, seharusnya para politisi dan akademisi membuat pernyataan yang dapat mendinginkan suasana. Bukan malah membuat suasana semakin panas.

Yogyakarta, 4 Desember 2010

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: