Tinggalkan komentar

Keberuntunganku

Oleh  :  Odi Shalahuddin

Sungguh, aku merasa beruntung memiliki dua anak yang tengah tumbuh sebagai remaja. Anak pertama sudah kelas satu SMA dan anak kedua sudah satu SMP. Keberuntunganku, keduanya memiliki kesibukan sendiri-sendiri. Anak pertama sibuk dengan berbagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolahnya yang aku nilai positif, anak kedua senang bermain dengan anak-anak di sekitar lingkungan kantorku. Keberuntunganku, mereka, keduanya, tidak begitu suka menonton televisi. Apalagi menonton acara sinetron dan infotainment. 

Bila hari libur, yang kuamati, mereka akan asyik menonton kartun di pagi hari, setelah itu keduanya kembali disibukkan dengan kegiatan masing-masing. Yang pertama akan menyewa sebanyak mungkin buku-buku fiksi dan larut di dalamnya hingga sang ibunya sering jengkel, yang kedua sudah bergegas dengan berbagai agenda bermainnya.

Bila malam, mereka juga tidak terlihat antusias untuk menonton televisi. Bila nonton bersama, paling hanya berita. Itupun, sering kita lewatkan apabila berita-beritanya menyangkut kekerasan. Acara lain yang disuka, musik.

Aku merasa sangat beruntung akan kesukaan kedua anakku. Terlebih dalam berbagai diskusi dengan banyak orang, banyak keluhan yang terlontar ketika anak-anak sudah menjadi anak televisi. Pertengkaran memilih mata acara. Terbius dalam sinetron-sinetron yang seringkali tidak mendidik. Pecahnya nilai-nilai keluarga, persaingan, konspirasi dan saling mencoba menjatuhkan diantara anggota keluarga. Ah, apakah dunia sinetron benar-benar telah menggambarkan kehidupan senyatanya dari kalangan menengah ke atas? Cobalah tengok, seakan tiada beda dengan kehidupan kaum selebritis seperti tertampilkan dalam berbagai acara infotainment.

Ah, aku benar-benar sangat beruntung. Oh, ya, istriku juga bukan penggemar tontonan televisi. Lengkaplah sudah keberuntungan yang singgah dalam kehidupanku.

Yogyakarta, 10 Mei 2011

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: