Tinggalkan komentar

Aku Terpenjara, Tapi Masih Sombong

Oleh  :  Odi Shalahuddin

Kesombongan diriku yang mengatakan telah mandiri, sedang semua tahu, bahwa tak mungkin aku bisa memenuhi segala kebutuhan yang kugunakan setiap hari. Ketika aku membeli nasi dengan segenap lauk-pauk, merasa terbebaskan lantaran uang dihasilkan dari keringat yang basah di tubuh sebagai buruh, di kepala tampaknya jarang terlintas tentang wajah-wajah petani dan nelayan yang telah mencarikan dan mengelola alam sehingga sampai di mangkuk dan piring hadapanku. Ketika setiap pagi menikmati kopi, sama halnya seperti yang dialami, terlupa para petani dan para buruh.

Aku selalu diajarkan untuk berburu di tengah peradaban baru, tidak dengan tombak, panah, dan jaring-jaring, menangkap satu rusa bisa tergunakan untuk satu komunitas, pada pesta malam atas keberhasilan, melainkan dengan kata-kata dan angka-angka serta suara-suara yang bisa membuat orang terlena. Bagaimana bisa aku katakan diriku adalah makhluk sempurna?

Aku selalu menjadi manusia gagap. Bila saja para petani mogok, tiada terhidang nasi. Bila saja para nelayan enggan bergerak ke laut, tak mungkin ikan-ikan bisa ternikmati. Bila saja para buruh dari segenap pabrik menghentikan kerja-kerjanya, tak mungkin baju lekat dalam tubuh, tak mungkin sepatu berpijak menghantar berputar kota, tak mungkin aku bergaya mengerlingkan mata, menggoda dirimu. Ahai…. Derita nian melanda menjadi bencana. Tapi pernahkah aku memikirkan hal itu?

Aku sungguh tak bisa berkutik. Ketika listrik mati, hanya bisa memaki. Atau ketika akses internet terhenti, tak kuasa menyapa segenap kawan maya dari seluruh penjuru dunia. Atau ketika kata dan angka berloncatan tak terkendali sehingga aku tak bisa membaca dan menghitung. Sungguh, aku benar-benar tak bisa menguasai semua itu.

Aku terpenjara. Walau sungguh tak pernah menjadi kesadaran yang membangkitkan penghargaan terhadap orang lain. Merasa selalu angkuh karena merasa semua bisa terbeli. Termasuk doa-doa. Ah, manusia macam apakah aku ini?

 Yogya, Jum’at,  13 Mei 2011

Gambar dari SINI

Tinggalkan Balasan

