Tinggalkan komentar

(puisi) Aku Manusia Merdeka

AKU MANUSIA MERDEKA 

aku manusia merdeka,
karena itulah aku bisa pesbukan, twitteran, priendsteran
berganti-ganti status setiap saat, menorehkan jempol,
dan komentar bilamana perlu atau diperlukan
nyelinap mengisi ruang-ruang blog
termasuk menggabungkan diri
dalam pasukan kompasioner
kampanye diri lewat link-link ajakan
mengintip lapak-lapak yang suguhkan
beraneka ragam menu bacaan apapun
termasuk berjuta makian
kepada para penguasa dan pengusaha
karena semua orang sudah jadi merdeka
bisa menulis apapun, bisa berbicara apapun,
tanpa takut lagi panggilan koramil atau polsek
atau sosok-sosok tak dikenal yang hilir mudik
mencari, mencuri kesempatan untuk membuat kecelakaan

aku manusia merdeka
yang  mudah berganti-ganti hape dan laptop
yang berselancar kemanapun suka, dimanapun

aku manusia merdeka,
lebih sering memaki kepada PLN bila listrik padam
lebih sering gerundelan kepada provider-provider
apabila sinyalnya ketap-ketip tak beraturan atau hilang sama sekali
lebih sering bersedih, pada waktu,
pada ruang, tiada tertera nama-nama online

aku manusia merdeka
dalam maya gagap dengan nyata

Yogyakarta, 17 Agustus 2010

Tinggalkan Balasan

