Tinggalkan komentar

Saya Tidak Percaya dengan Tips Penulisan

Odi Shalahuddin

Media online, memiliki karakteristik yang sama sekali berbeda dengan media cetak.  Saya kira, berdasarkan pengamatan dengan keterbatasan yang saya miliki, sehingga penilaian menjadi bersifat obyektif,  sampai saat ini tampaknya belum ada yang merumuskan tips-tips penulisan di media online secara sistematis. Berbagai tips-tips yang banyak terposting di kompasiana, menurut saya lebih banyak tips penulisan untuk media tercetak (buku, buletin dan surat kabar).

Mengingat banyak orang pandai di Kompasiana, yang banyak menggeluti bidang ini, saya berharap ada yang mulai berinisiatif mengembangkan tips-tips penulisan di media online. Sehingga tips-tips ini dapat berdaya guna bagi para kompasianer dan non-kompasianer yang menjadikan kompasiana sebagai ruang belajar menulis.

Tentu akan ada perbedaan tip-tip  bagi media online yang digunakan, seperti, memposting di blog sendiri tentu akan berbeda dengan memposting di catatan dalam ruang jejaring sosial, berbeda pula dengan blog keroyokan tanpa moderator, moderator penuh dan semi moderator.

Siapa mau memulai? Saya pasti akan menjadi pembaca setia untuk belajar banyak tentang penulisan di media online.

Salam

Yogyakarta, 11 September 2011

Tinggalkan Balasan

