Tinggalkan komentar

Janji yang hampir tertepati

Odi Shalahuddin

Di tengah hiruk pikuk geliat para penggemar fiksi dalam perhelatan yang dinamakan Malam Prosa Kolaborasi (MPK) yang dilangsungkan pada tanggal 10-11 Juni 2011, tiba-tiba sebuah postingan dari Bang Iskandar Zulkarnaen atau akrab dipanggil Mas Isjet hadir. 

Rubrik Fiksi Akan Jadi Kanal! (Mohon Saran dan Masukan), demikian judul postingannya. Melalui postingannya, disinggung tentang mimpi Bang Isjet dan Kang Pepih bahwa kompasiana akan memiliki banyak kanal. Satu yang akan dirintis pertama adalah Kanal Fiksi.

Informasi tersebut sekaligus jawaban atas janji yang pernah diungkapkan pada saat hiruk pikuk mengenai di-anak-tirikannya fiksi. Janji yang segera akan terealisasikan.Parakompasianer yang selama ini banyak bersentuhan dengan karya-karya fiksi tentulah sangat menyambut baik kanal fiksi ini.

Dengan adanya kanal fiksi, pastilah disadari terbentang tantangan bagi para kompasianer untuk semakin meningkatkan kualitas tulisannya. Mengapa? Hal ini secara sederhana, mengingat adanya pengelolaan yang professional yang didukung oleh kelompok Kompas, maka keberadaan kanal fiksi tentulah akan menjadi sumber mata air bagi para penggemar fiksi untuk turut bergabung dan meramaikan isinya. Ini mengingat, walaupun sudah ada banyak blog ataupun website yang diperuntukkan untuk karya sastra, keberadaan kanal fiksi yang diawali dengan keterlibatan para kompasianer yang telah terbukti membangun dinamika antar kompasianer yang merujuk pada motto kompasiana yaitu sharing dan connecting, akan menjadi satu wilayah yang menarik bagi,  tidak saja peluncuran karya, melainkan interaksi personal yang tercipta melalui ruang-ruang komentar yang teramat hidup.

Gairah dan dinamika ini, saya yakini dapat memancing banyak penulis untuk bergabung. Pada posisi ini, maka para kompasianer akan “bersaing” untuk menunjukkan karya-karya dengan kompasianer baru yang terbuka kemungkinan adalah orang-orang yang sudah bergelut dalam dunia fiksi.

Sebagaimana dimintakan oleh Bang Isjet mengenai saran dan masukan dari para kompasianer untuk mewujudkan kanal fiksi tersebut, mengenai nama, sejak lama berkembang nama fiksiana sebagai respon dari gagasan awal yang pernah tersampaikan. Melihat dari komentar dan usulan, nama ini kembali mengemuka.

Mengenai rubrik-rubriknya, yang telah terpikir oleh penggagas pembuatan kanal khusus ini adalah cerita mini (cermin), cerita pendek (cerpen), Novel dan puisi.

Melihat pengalaman di kompasiana atas perhelatan yang dilakukan oleh kompasianer, tampaknya dibutuhkan satu rubrik mengenai dongeng. Usulan lain adalah cerita bersambung (cerbung) yang dibedakan dengan novel.

Selain karya, tampaknya dibutuhkan satu rubrik mengenai riviu atau resensi baik untuk karya-karya fiksi yang ada di kanal fiksi ini, maupun karya-karya fiksi dari luar. Akan lebih menarik bilamana kompasiana menyediakan satu tulisan yang meriviu karya fiksi setiap seminggu sekali. Ini bisa dibedakan antara riviu puisi dan riviu cerita pendek (termasuk cerita mini). Admin bisa menunjuk salah seorang anggota admin atau penulis khusus atau penulis dari luar secara bergantian. Hasil riviu ini tentunya akan menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh para kompasianer untuk melihat apakah karyanya terpilih menjadi salah satu yang akan diriviu dan bagaimana penilaian terhadap hasil karyanya.

Semoga, kanal fiksi ini benar-benar bisa terwujudkan di bulan depan, dengan tampilan yang merangsang gairah untuk berkarya dengan sebaik-baiknya, dan memancing banyak orang untuk turut di dalamnya. Bukanlah hal yang berlebihan bilamana berharap kanal fiksi ini, selain menjadi ruang ekspresi sekaligus juga  menjadi kawah candradimuka bagi lahirnya penulis-penulis fiksi berbobot yang akan memberikan kontribusi bagi perkembangan fiksi Indonesia.

Kepada para kompasianer, mari nikmati pesta Malam Prosa Kolaborasi ini dengan hati gembira.

Yogyakarta, 10 Juni 2011

________________________

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: