Tinggalkan komentar

Memberi Nilai Pada Komentar

Oleh:  Odi Shalahuddin

Ketika memposting tulisan di kompasiana, tentunya kita akan berbahagia tatkala ada komentar dari para kompasianer lainnya. Ini artinya tulisan kita terbaca oleh orang lain. Kita sadar bahwa isi komentar bisa sangat beragam. Mulai dari bersapa tanpa menyinggung isi dari postingan, bercanda dengan topik di luar postingan yang bersambut dan berkepanjangan,  atau memang yang benar-benar mengapresiasi isi tulisan.

Seringkali kompasianer memberikan komentar pada isi tulisan yang bisa memperkaya kita dan pembaca lainnya. Komentar bisa berlanjut pada diskusi yang mencerahkan. Inilah yang tentunya diharapkan. Penulis, kompasianer dan para pembaca lain bisa memetik manfaat dari sebuah postingan. Tentu tak tertutup kemungkinan pula ada komentar yang bisa melecehkan yang mendapatkan respon tak kalah sengit, dan pada akhirnya saling menjatuhkan tanpa peduli ada para pembaca lain yang ingin menikmati dialog yang nyaman. Perdebatan bolehlah panas, tapi bila saling memberikan argumentasi dan mau mendengarkan lawan bicara/diskusi, tentu mengasyikkan untuk menyimaknya.

Terkait dengan komentar-komentar yang ada pada setiap postingan yang sempat terbaca, beberapa waktu ini ada kebiasaan bagi saya untuk memberikan nilai, fasilitas yang disediakan oleh Kompasiana. Mengingat tidak ada peringkat atau pilihan, maka nilai saya berikan pada komentar yang saya anggap menarik, nakal, menambah informasi atas postingan yang tengah dibaca, dan argumentasi yang dilontarkan dalam diskusi.

Saya tidak tahu apakah ini bermakna. Tapi setidaknya itu salah satu bentuk apresiasi dari saya untuk pemberi komentar. Bagaimana dengan anda?

 Salam

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: