2 Komentar

Identitas Jelas di Kompasiana

Di Dasboard, di bagian settings, ada sesuatu yang menurut saya baru. Biasanya bagian ini ada dua form isian, yaitu profile dan network connection, kini ada form isian baru yaitu personal.

Saya mencoba mengisi, tapi tidak seluruhnya. Ketika klik update information, yang terjadi muncul tulisan error pada bagian-bagian yang tidak diisi. Jadi memang harus diisi seluruhnya.

Form ini berisi tanggal lahir, No HP, Negara, Kota, alamat, pekerjaan, No. Identitas (KTP/SIM/Paspor) dan scan dari KTP/Kartu identitas yang digunakan.

Saya membayangkan bahwa form ini tampaknya sebagai upaya agar pembuka account haruslah memunculkan identitas dirinya secara jelas. Dengan demikian akan tertutup kemungkinan seseorang memiliki dua account atau lebih atau walaupun seseorang menggunakan nama samaran, admin memiliki data identitas yang jelas terhadap pemilik account.

Saat ini sepengetahuan saya belum ada pengumuman dari admin tentang pengisian form ini apakah bersifat wajib atau sukarela? Wajib dalam artian, account baru bisa diaktifkan apabila telah mengisi form personal.  Bila itu yang dikehendaki, maka seluruh pemilik account akan diminta untuk melengkapi datanya, dan bagi yang baru akan membuka juga wajib/harus mengisinya agar accountnya bisa diaktifkan.

Pertanyaan saya di atas bisa jadi merupakan pertanyaan bodoh karena Persyaratan ini sesungguhnya sudah diatur di dalam Syarat dan Ketentuan no 4. dari Tata Tertib Kompasiana, yaitu:

Saat mendaftar, Pengguna wajib memasukkan data yang akurat, baru dan lengkap. Kompasiana berhak meminta salinan kartu identitas apabila dibutuhkan dan berhak menghapus akun yang terbukti menggunakan identitas palsu. Dalam tahap berikutnya, Kompasiana akan memberlakukan mekanisme Anggota Terverifikasi (Verified Member).

Dengan form baru tersebut dan melihat tata-tertib yang ada, Admin tampaknya sudah merintis upaya untuk menerafkan mekanisme anggota terverifikasi.

Walaupun sudah ada dalam tata-tertib (yang belum tentu semua sudah membacanya) penerafan pengisian data identitas jelas (termasuk scan bukti identitas) bisa jadi juga merupakan respon dari Admin untuk menampung aspirasi dari para Kompasioner yang menyampaikan berbagai keluhan dan usulan yang mengemuka beberapa waktu terakhir terutama terkait dengan munculnya account-account baru yang memberikan komentar-komentar yang dinilai tidak pantas atau mengirimkan tulisan-tulisan yang bersifat menggiring pada perdebatan yang dapat melahirkan “pertentangan” antar kelompok/etnis/agama atau bisa memunculkan keretakan komunikasi antar kompasioner yang dinilai bisa merusak “rumah sehat” dan ruang demokrasi yang tengah dibangun.

Ada persoalan, tidak ada keterangan pada bagian form tersebut tentang pentingnya data tersebut dan keterangan bahwa apakah data tersebut bersifat rahasia atau terbuka yang bisa dilihat oleh kompasioner lainnya atau keterangan bahwa data tersebut tidak akan digunakan semena-mena untuk kepentingan lain.

Identitas jelas memang menjadi kebutuhan, walaupun tetap terbuka menggunakan nama samaran (nah, dibutuhkan form nama lengkap – yang akan diverifikasi dari scan kartu identitas – dan kolom untuk pengisian nama samaran yang akan digunakan).

Nah, dengan demikian, maka kita memang ditantang untuk berani menyampaikan sesuatu secara terbuka. Dengan demikian ruang demokrasi di rumah sehat ini benar-benar bisa sehat.. Berbeda pandangan bukanlah kejahatan dan tidak berdosa, hanya memang dibutuhkan kejelasan kita berbeda dengan siapa… Bukankah demikian?

Salam damai penuh jiwa merdeka

Yogyakarta, 18 September 2010

_______________________________

Berikut komentar-komentar ketika diposting di Kompasiana:

Iklan

2 comments on “Identitas Jelas di Kompasiana

  1. kalo saya sih bukan karena verifikasinya mas. tapi nggak pede gabung disana. pengen sih pengen tapi belum mampu. entah esok.

  2. Itu ruang terbuka nan demokratis, menulis apapun bisa loh bunda…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: